Kementerian BUMN Akan Membentuk BUMN Navigasi Penerbangan

By gladwin | March 16, 2012
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

BUMN navigasi penerbangan – Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) berencana membentuk sebuah BUMN baru berbentuk perusahaan umum (perum)  terkait single air traffic system provider (ATS). Nantinya, BUMN ini akan menyatukan pengawasan sistem keselamatan penerbangan nasional.

“Saat ini Indonesia masih menganut sistem double provider, pengawasan sistem di bagian barat dan timut masih belum terintegrasi ,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, hari ini.

Saat ini, pengamanan sistem keamanan di wilayah Indonesia seperti di Batam, Palembang, Medan, Pekanbaru, Pontianak, dan Bangka Belitung, dikontrol oleh Singapura.

Pekan kemarin, dalam sebuah pertemuan dengan Direktur Angkasa Pura I dan II , akademisi, dan juga ahli penerbangan, muncul ide  membentuk sebuah perum yang akan mengendalikan single ATS ini.

Sebagai langkah awal, PT Angkasa Pura  I dan II bersiap memisahkan semua aset, sumber daya manusia, dan segala hal yang berkaitan untuk pembuatan perum tersebut.

“Dalam satu minggu ini PP (Peraturan Pemerintah) akan terbentuk, jadi begitu PP-nya ada langsung siap. Tidak ada yang keberatan dengan adanya pembentukan organisasi baru ini, karena ini untuk kepentingan bersama. Sifatnya nirlaba juga,” kata Menteri Dahlan.

Hingga kini, menurut Menteri Dahlan, nama perum tersebut masih belum ada. Namun dia memastikan  di dalam perum ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan  akan menjadi dewan pengawas. Dan bisa menentukan direksinya. Ref:Ara / Dhi/jaringnews

WhatsAppShare