Kemendag Menerima 1.476 Usulan CPNS 2011

By gladwin | February 16, 2012
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

CPNS Kemdag – Menteri Pedagangan Gita Wirjawan mengatakan, lembaga yang dipimpinnya menerima 1.476 aplikasi calon pegawai negeri sipil periode 2011.

“Jumlah aplikasi CPNS Kemendag tersebut meningkat drastis dibandingkan penerimaan periode sebelumnya yang hanya sekitar 200 aplikasi untuk mengisi kuota 70 CPNS per tahun,” kata Gita di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, meskipun persyaratan yang ditetapkan bagi CPNS lingkup Kemendag semakin diperketat, diantaranya memiliki IPK minimal 3,5 dan nilai Toefl 600, namun pendaftar justeru semakin banyak.

Menurut dia, fenomena itu menunjukkan bahwa pontensi SDM negara ini semakin membaik, ketika mendapatkan tantangan.

Hal serupa juga terjadi di lingkup Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), ketika ditetapkan bagi karyawannya untuk memiliki nilai Toefl minimal 600.

“Dari sebanyak 585 orang karyawan, akhirnya sudah ada 258 yang telah mencapai skor Toefl 600 dan selanjutnya naik menjadi 458 karyawan yang memiliki skor Toefl 600,” katanya.

Menurut dia, tututan penguasaan Toefl tersebut karena sekarang adalah era globalisasi, sehingga penguasaan bahasa internasional (Inggeris) sangatlah penting, apalagi itu bersentuhan dengan sektor ekonomi.

Berkaitan dengan hal tersebut, dia mengatakan, sudah saatnya memproyeksikan diri secara positif agar dapat bertarung dengan negara-negara berkembang, termasuk berkiprah dalam perekonomian dunia.

Menurut dia, salah satu upaya untuk mencapa hal tersebut, melalui peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan.

Alasannya, saat ini Indonesia baru memiliki sekitar 20 ribu orang sarjana S3 (doktor) atau masih dibawah India yang memiliki 5.000 orang sarjana S3 dan Tiongkok 500 ribu orang sarjana S3. ref:Antaranews

WhatsAppShare