Kelulusan CPNS Tidak Melibatkan BKD Daerah

By gladwin | November 8, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Kelulusan CPNS 2013 – Dalam penerimaan CPNS tahun 2013 ini, tampaknya BKD di daerah kurang mendapat jatah. Mungkin belajar dari tahun tahun sebelumnya yang banyak terjadi kesalahan dan kecurigaan dalam penerimaan CPNS yang dikelola BKD.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Mustari Soba menegaskan, BKD Kabupaten/Kota tidak dilibatkan dalam penetapan kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), baik pelamar umum maupun jalur honorer K2. Menurutnya, kewenangan itu ada di tingkat pusat.

Mustari menjelaskan jangankan diikutkan penenuan kelulusan CPNS, pemeriksaan lembar jawaban para pelamar saja diambil alih oleh pusat.

“Semua kewenangan pusat, tidak ada dari daerah yang ikut dalam pemeriksaan lembar jawaban,” ujar Mustari kepada wartawan, Jumat (8/11).

Ia mengatakan setelah pemeriksaan lembar jawaban tersebut rampung, panitia seleksi CPNS nasional akan menetapkan nama-nama yang dinyatakan berhak lulus menjadi abdi negara tersebut. “Jadi, BKD hanya mengumumkan nama-nama yang lulus. Yang tetapkan nama-namanya itu adalah panitia pusat,” sebutnya.

Makanya, tidak akan mungkin ada celah bagi daerah untuk “bermain-main” dalam penetapan kelulusan CPNS. Karena semua dilakukan oleh pusat dan dalam pengawasan ketat aparat, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hasil tes CPNS 2013 rencananya akan diumumkan secara serentak pada 3 Desember nanti, baik jalur umum maupun jalur honorer K2.

WhatsAppShare