Home » Berita CPNS » Kecurangan Warnai Tes CPNS Kab Garut

Kecurangan Warnai Tes CPNS Kab Garut

PrintShare/Bookmark
BERITA PENTING !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

RD (24) dan RK (16), kakak beradik warga Kampung Babakan Kalapa, Kelurahan Pataruman Garut, Jawa Barat, hanya bisa tertunduk malu saat diamankan petugas seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS. Keduanya diduga berbuat curang pada pelaksanaan tes CPNS 2010 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, Ahad (5/12) kemarin.

RD diketahui mendaftar pada dua posisi berbeda, yakni penyuluh koperasi dan pengembangan masyarakat. Namun karena pelaksanaan tes CPNS yang berbarengan, maka RD pun meminta adiknya RK untuk mengantikan posisinya pada salah satu tes. Ia berharap jika gagal pada salah satu posisi, ia masih bisa lulus pada posisi lainnya.

Untungnya petugas yang teliti dapat mendeteksi kecurangan tersebut. Salah satu petugas menemukan ketidaksesuaian antara foto yang tertera pada kartu peserta dan orang yang mengerjakannya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Latihan (Diklat) Daerah, BKD Kabupaten Garut Jaja Sudarja membenarkan terjadinya kecurangan ini. Jaja mengaku akan mendiskualifikasi peserta tes yang curang tersebut. Permasalahan kecurangan tersebut sudah ditangani pihak kepolisian.

Ribuan peserta mengikuti tes CPNS 2010 di Garut. Padahal, formasi pegawai negeri sipil yang disediakan hanya untuk 203 orang. Jumlah tersebut tak sebanding dengan peminat yang membludak. Meski begitu, menjadi seorang PNS ternyata masih menjadi daya pikat tersendiri bagi masyarakat.(CHR/ANS)-liputan6

Download Soal Tes CPNS 2014