KAI Akan Mengakuisisi Damri dan PPD

By gladwin | March 3, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengusulkan agar PT Kereta Api Indonesia mengakuisisi dua BUMN transportasi, yakni Perusahaan Umum PPD dan Perum Damri pada tahun ini.

“Perum Damri dan Perum PPD diakuisisi oleh PT KAI tahun ini,” kata Dahlan Iskan di kantor Kementerian BUMN, Jumat.

Menurut Dahlan, usulan ini sejalan dengan keinginan pemerintah agar BUMN dapat saling sinergi. Di samping itu, ketiga perusahaan tersebut menjalankan bisnis utama yang sama, yakni transportasi darat.

Dengan sinergi ini, ia mengharapkan perusahaan pelat merah dapat berkurang menjadi 115 BUMN pada 2012. Bahkan, dua tahun mendatang jumlah BUMN diperkirakan mencapai 80 BUMN.

“Selama ini, program rightsizing kurang terlalu berhasil untuk dilakukan. Namun, kita fokuskan pada tahun ini,” tuturnya.

Ia menghitung dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan, jumlah BUMN berkurang 25 perusahaan.

Selain mengakuisisi Perum PPD dan Perum Damri, mantan Dirut PLN ini juga pernah melontarkan gagasan untuk melakukan sinergi PT Industri Kereta Indonesia Persero dengan PT INKA. Hal ini dilatarbelakangi beberapa proyek PT KAI dilakukan oleh PT INKA.

Berdasarkan catatan, Perum Damri menargetkan dapat mengantongi pendapatan sekitar Rp600 miliar dengan laba bersih Rp47 miliar pada 2011. Bahkan, Perum Damri sempat mengutarakan niatnya untuk mengambilalih Perum PPD dengan menawarkan dua skema, yakni merjer horizontal dan membuat anak perusahaan.

Rencana sinergi dengan beberapa perusahaan BUMN dikabarkan akan dilakukan menyusul pembuatan logo baru PT KAI. Pergantian logo diharapkan menjadi pemacu semangat baru bagi karyawan PT KAI untuk meningkatkan layanan jasa. Ref: Antara

WhatsAppShare