Kab Sukabumi Masih Kekurangan Ribuan Tenaga Guru

By gladwin | September 12, 2011
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Kabupaten Sukabumi masih kekurangan guru sekitar tiga ribu orang. Kekurangan tenaga guru merata di semua tingkatan baik SD, SMP hingga SMA.

Berdasarkan data Disdik Kabupaten Sukabumi, jumlah guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Sukabumi mencapai sekitar delapan ribu orang. Jumlah tersebut merupakan dua pertiga dari total keseluruhan PNS yang ada di lingkungan Pemkab Sukabumi.

‘’Jumlah guru yang paling kurang terdapat di SD,’’ terang Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Dinas Pendidikan Disdik Kabupaten Sukabumi, Harya Satri, kepada Republika, Senin (12/9). Setelah itu menyusul tingkatan SMP dan SMA/SMK.

Dilihat dari segi mata pelajaran, guru untuk bidang eksakta jumlahnya masih kurang. Bidang tersebut adalah matematika, fisika, dan bahasa Inggris.

Harya menilai jumlah guru yang kurang tersebut disebabkan berbagai hal. Misalnya besarnya angka guru PNS yang pensiun setiap tahun.

Rata-rata per tahunnya ada sekitar 150 hingga 200 guru di Kabupaten Sukabumi yang pensiun. Di sisi lain, penerimaan tenaga guru melalui rekrutmen CPNS masih minim. Pada tahun 2010 lalu contohnya, hanya dibuka formasi lowongan CPNS guru sebanyak 105 orang.

Dampaknya pengangkatan guru tidak sebanding dengan jumah guru yang pensiun. Ke depan, Harya berharap agar kuota CPNS untuk guru bisa ditambah agar kebutuhan guru di daerah terutama daerah terpencil bisa terpenuhi. Sumber : republika

WhatsAppShare