Kab Serang Akan Banyak Diisi PNS Pindahan

By gladwin | October 18, 2011
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Sebagai salah satu langkah, untuk menutupi kekurangan pegawai di lingkungan Pemkot Serang, tahun ini Badan Kepegawai Daerah (BKD) Kota Serang, cukup banyak menerima pegawai negeri sipil (PNS), pindahan dari berbagai daerah.

“Awalnya, sebagai daerah pemekaran baru, kami pikir usulan untuk tetap menggelar rekuitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Serang tetap dilaksanakan, namun ternyata, moratorium tersebut dilaksanakan oleh seluruh daerah di Indonesia, termasuk Kota Serang,” ungkap Kepala BKD Kota Serang, Ahmad Benbela, Selasa (18/10).

Menurut Benbela, tidak digelarnya rekuitmen CPNS tersebut, membuat kekurangan pegawai di Kota Serang semakin terasa. Pasalnya, selain ada beberapa pegawai Kota Serang yang mutasi ke daerah lain, juga tidak sedikit pegawai terutama di tingkat pelaksana yang pensiun tahun ini.

Oleh karena itu, jika biasanya pemkot sangat membatasi untuk menerima pegawai pindahan, pada tahun ini pemkot banyak menerima pegawai pindahan.

“Tahun ini, pegawai pindahan yang kami terima diperkirakan hingga akhir 2011, mencapai 120 orang. pegawai pindahan yang berasal dari Kabupaten Pandeglang, Serang dan Kabupaten Lebak akan kami tempatkan di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kota Serang, yang mengalami kekurangan pegawai,” tuturnya.

Kekurangan tersebut, ujar Benbela, hampir terjadi di semua SKPD, dan permintaan terbaru diajukan oleh sekretariat daerah untuk para asisten daerah (Asda). Namun, permintaan tersebut belum dapat dipenuhi dalam waktu dekat ini.

“Para Asda meminta BKD, untuk menempatkan dua staf lagi. Namun, dalam untuk bulan-bulan ini, kami belum bisa memenuhinya,” katanya.

Kendati demikian, ujar Benbela, kekurang pegawai yang terjadi di lingkungan Pemkot Serang tersebut, tidak akan berdempak pada peningkatan status desa menjadi kelurahan. Pasalnya, untuk pejabatnya pemkot diuntungkan dengan aturan, bahwa untuk sementara yang mengisi jabatan Lurah, yakni Kepala Desa hingga masa jabatannya habis, dan ditambah dua tahun.

“Untuk Lurah sementara di jabat oleh kepala desa. Sedangkan untuk para kepala seksi, kami sudah mempersiapkan golongan III D yang berasal dari kecamatan atau dari SKPD, meski tidak kami pungkiri bahwa di SKPD lainnya tersebut, masih kekurangan pegawai. Dan untuk para stafnya, kami akan tetap perdayakan warga yang sebelumnya sudah membantu di desa tersebut,” tutur Benbela. Ref:haryono/dms/poskota

WhatsAppShare