Home » Berita CPNS » Jenis Formasi Yang Dibutuhkan Dalam CPNS 2013

Jenis Formasi Yang Dibutuhkan Dalam CPNS 2013

Share
BERITA PENTING !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

Formasi CPNS 2013 – Pemerintah menyiapkan 60 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah pada 2013 ini. Sebanyak 40 ribu lowongan di antaranya dibuka untuk daerah, sementara sisanya sebanyak 20 ribu untuk instansi pemerintah pusat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menjelaskan, formasi ini tidak dibuka untuk semua jabatan, hanya jabatan-jabatan tertentu yang boleh direkrut pada 2013 ini.

Adapun tenaga kerja tersebut, yakni tenaga untuk pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi.

“Misalnya tenaga penyuluh pertanian, yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan hasil pertanian, seperti beras, jagung, dan lain-lain,” ujar Azwar, seperti dikutip dari situs Setkab, Jumat (22/2/2013).

Sementara untuk pemerintah pusat, yang diprioritaskan adalah guru (guru kelas dan guru produktif), dosen (eksakta dan teknik), jabatan-jabatan penegak hukum, jabatan yang menjadi pelaksana utama (core business) fungsi instansi, dan jabatan yang diperlukan untuk memenuhi standar internasional.

Dia menambahkan, meskipun kebijakan moratorium CPNS sudah berakhir, bukan berarti pemerintah daerah dapat serta merta merekrut CPNS sebanyak-banyaknya. Ia mengemukakan, pada 2013 ini pemerintah tetap menerapkan kebijakan zero growth menuju minus growth.

“Usulan tambahan harus berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Selain itu, instansi itu harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai lima tahun ke depan,” ujar Azwar. (mrt/okezone)

PRIORITAS JABATAN CPNS 2013

Bagi anda yang mengincar jabatan diatas ada baiknya mempersiapkan diri sebaik baiknya. Karena kemungkinan besar rekrutmen CPNS Tahun 2013 akan dilaksanakan bulan Juni. Jangan lupa persiapkan juga dengan Berlatih Soal CPNS

Share
Download Soal Tes CPNS 2014