Info Terbaru Tentang CPNS 2016

By gladwin | November 10, 2015
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Info CPNS 2016 – Antara jadi dan tidak jadi, akhirnya pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan rekrutmen CPNS akan tetap dilaksanakan tahun 2016 mendatang, meski kuotanya terbatas.

Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB Bambang Dayanto Sumarsonoā€ˇ dengan gamblang menjelaskan rencana rekrutmen CPNS 2016.

“Dalam road map pemerintah kan moratorium CPNS selama lima tahun. Tapi jangan buru-buru menafsirkan negatif dulu karena moratorium di sini adalah sifatnya terbatas. Artinya, rekrutmen dilakukan untuk mengisi PNS yang pensiun dan ditujukan bagi instansi yang membutuhkan pegawai. Tujuannya agar PNS yang direkrut bukan lantaran daerah menginginkan dana alokasi umum (DAU) lebih banyak, tapi memang butuh aparatur dalam mempercepat mesin birokrasi.” katanya kepada wartawan.

Tahun depan ada sekitar 120 ribu PNS akan pensiun. Tapi, bukan berarti seluruhnya akan diisi dengan CPNS baru. Prinsipnya adalah zero growth, artinya, PNS yang ada tidak boleh ditambah, malah dikurangi agar beban belanja pegawai di APBN berkurang signifikan. Itu sebabnya, meski pensiunannya di atas 100 ribu, yang diisi tidak sebanyak itu atau maksimal 200 ribu.

Untuk pengadaan CPNS 2016, akan diambil dari penghematan anggaran instansi terkait. Sedangkan untuk gajinya kan sudah tertata di APBN. Untuk pengadaan satu CPNS, butuh anggaran sekitar Rp 4 jutaan, itu sebabnya yang direkrut tidak banyak. Ini hanya agar masyarakat bisa tahu kalau pemerintah punya niatan serius merekrut pegawai baru.

WhatsAppShare