Info Simulasi Tes CAT CPNS di Universitas Padjajaran

By gladwin | April 15, 2016
TwitterShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Tes CAT CPNS – Seperti diketahui, proses seleksi CPNS akan menggunakan tes Computer Assisted Test (CAT). Pemerintah gencar mensosialisasikan Tes CAT tersebut. Selain membuka kembali simulasi Computer Assisted Test (CAT) secara online di www.menpan.go.id, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan melakukan simulasi Computer Assisted Test (CAT) offline. Menurut rencana, pelaksanaan kegiatan itu akan digelar di Universitas Padjajaran, kampus Jatinangor dalam acara Job Fair.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan, simulasi CAT itu akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 16 – 17 April 2016. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan metode tes CPNS yang sudah diterapkan secara penuh sejak tahun 2014.

Dikatakan, meskipun saat ini pemerintah menerapkan kebijakan moratorium penerimaan CPNS, namun untuk guru, tenaga kesehatan serta ikatan dinas tetap dibuka. “Dalam waktu dekat akan dilaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) untuk calon mahasiswa sekolah ikatan dinas, yang pendaftarannya sudah dibuka sejak bulan Maret lalu,” ujar Herman di Jakarta, Kamis (13/04/2016).

Dengan simulasi offline ini, warga masyarakat, khususnya para pelamar sekolah ikatan dinas yang berada di Bandung dan sekitarnya dapat mencoba simulasi tes CPNS di Unpad. Namun simulasi ini juga terbuka bagi warga masyarakat umum, termasuk mahasiswa Unpad, serta warga masyarakat lainnya yang nantinya berminat mengikuti seleksi CPNS.

Bagi warga masyarakat yang tidak dapat mengikuti simulasi CAT di Unpad, bisa mengikuti simulasi CAT secara online di website www.menpan.go.id sejak pekan lalu. Simulai CAT ini bisa dikunjungi melalui subdomain website Kementerian PANRB di www.sc.menpan.go.id.

Cara pendaftaran yang dilakukan peserta adalah dengan cara memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan biodata diri meliputi tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir serta instansi yang dituju. Waktu yang diberikan untuk peserta ujian sekitar 15 menit dengan jumlah soal sebanyak 30 buah. Soal-soal yang disajikan berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Herman menambahkan, untuk pertama kali dalam sejarah, pendaftaran seleksi di 7 sekolah ikatan dinas dilaksanakan secara terpadu. Para calon mahasiswa/praja diwajibkan mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) dengan menggunakan sistem CAT, seperti halnya tes untuk CPNS. “Hanya peserta yang lulus TKD yang akan diterima. Tetapi mereka tidak serta merta diangkat menjadi CPNS. Baru setelah lulus, mereka diangkat menjadi CPNS,” lanjut Herman.

TKD dengan CAT merupakan suatu metode tes dengan bantuan komputer, yang menjamin transparansi, dan tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setiap peserta mendapat soal yang berbeda, meskipun duduknya bersebelahan. Setelah selesai mengerjakan soal, peserta tes dapat langsung mengetahui hasilnya.

Dengan demikian, lanjut Herman, seleksi dengan sistem CAT ini akan mencegah terjadinya main mata, atau KKN dalam penerimaan mahasiswa ikatan dinas. “Dengan demikian yang tes hanya peserta yang benar-benar siap, dan putra-putri terbaik bangsa. Tidak ada titip-titipan,” tutup Herman.

Bagi Anda yang ingin mencoba Tes CAT dengan sistem Offline, silakan mengunjungi laman : http://ujian.latihansoal.com

TwitterShare
soal tes cpns 2016