Home » Berita CPNS » Info CPNS Semarang : Pemkot Semarang Kekurangan Guru Akibat Moratorium

Info CPNS Semarang : Pemkot Semarang Kekurangan Guru Akibat Moratorium

TwitterShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2015, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Info CPNS Semarang 2013 – Tahun 2013 sepertinya tahun keharusan bagi Kota Semarang untuk segera merekrut CPNS baru. Pasalnya Kota Semarang, provinsi Jawa Tengah mengalami ‘krisis’ guru alias tenaga pengajar, menyusul bertambahnya jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab setempat, hingga tahun 2013 ini sedikitnya sudah ada 1.168 PNS yang telah memasuki masa pensiun.

Rinciannya, tahun 2011 sebanyak 336 orang, tahun 2012 sebanyak 413 PNS. “Untuk tahun 2013 ini masih ada 419 PNS yang memasuki masa pensiun,” terang Kepala BKD Kabupaten Semarang, Budi Kristiyono, Senin (4/2/2013).

PNS yang akan memasuki masa purna tugas tahun ini tersebar di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Dari jumlah 413 orang PNS tersebut didominasi tenaga pengajar (guru).

Ini tak lain karena 60 persen PNS di Kabupaten Semarang merupakan guru. “Banyaknya PNS pensiun tersebut mengakibatkan adanya kekurangan pegawai terutama guru,” terangnya.

Budi menyebutkan jumlah guru yang pensiun pada tahun 2011 mencapai 195 orang. Sedangkan di tahun 2012 sebanyak 211 orang. “Sementara jumlah guru yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2013 ini mencapai 214 orang guru,” imbuhnya.

Lantaran kekurangan guru, Budi mengungkapkan pihaknya telah mengajukan Penerimaan CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan BR) sebanyak 1.963 formasi CPNS Pemkot Semarang 2013.

Formasi itu meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan administrasi umum. Usulan lowongan penerimaan CPNS Pemkot Semarang tersebut berdasarkan analisa jabatan.

Khusus untuk kekurangan guru PNS ia berharap bisa diisi tenaga honorer kriteria dua maupun reguler (umum). “Untuk tenaga honorer lewat proses seleksi dari konsorsium perguruan tinggi negeri yang ditunjuk Kemenpan,” ujar Budi. [ast/seruu.com]

TwitterShare
soal tes cpns 2015
Join FB Informasicpnsbumn Yuk !
Thanks Jempolnya!