Home » CPNS Daerah » Kalimantan Tengah » Info CPNS Kotim Kotawaringin Timur 2012-2013

Info CPNS Kotim Kotawaringin Timur 2012-2013

Share
BERITA PENTING !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

Sinyal akan dibuka kembali penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), memberi harapan baru bagi masyarakat yang berharap bisa ikut menjadi abdi negara ini. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pun berharap agar usulan formasi CPNS yang telah mereka sampaikan bisa disetujui pemerintah pusat sehingga rekrutmen CPNS bisa dilakukan tahun ini.

“Usulan kita belum disetujui untuk formasi CPNS sejak diajukan tahun lalu,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotim Jusni Sitompul melalui Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi, Arnila.

Menurut Arnila, pihaknya telah mengusulkan formasi CPNS pelamar umum sebanyak 3.288 formasi dengan rincian, tenaga guru 1.763, kesehatan 172, dan teknis 1.353. Usulan itu sebelumnya telah disampaikan ke Kemen PAN dan RB, namun digugurkan karena kebijakan moratorium. Meski demikian, Pemkab Kotim tetap ngotot agar usulan itu bisa disetujui karena jumlah PNS akan terus berkurang seiring dengan adanya PNS yang pensiun.

Arnila mengaku belum mengetahui informasi bahwa pemerintah akan membuka penerimaan CPNS baru tahun ini. Pihaknya mengharapkan agar usulan yang telah diajukan tersebut bisa disetujui, karena usulan itu merupakan jumlah kebutuhan PNS Kotim.

Untuk diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB), Azwar Abubakar mengatakan, penerimaan CPNS baru akan dibuka tahun ini. Namun, sebelum itu direalisasikan, pemerintah akan membuat peta jabatan untuk menentukan kebutuhan riil formasi jabatan yang ada.

“Penerimaan PNS baru, kita berharap 2012 membuka penerimaan lagi setelah semua instansi dan pemerintah membuat peta jabatan. Kita sedang melatih 4.200 orang analis jabatan. Awal Desember (2011), kita sudah melatih 800 orang di empat kota. Tiga bulan ke depan ditargetkan mencapai 4.200 orang. Orang-orang inilah yang akan membuat peta jabatan semua lembaga dan instansi pemerintah,” kata Azwar beberapa waktu lalu.

Dengan peta jabatan itu, menurutnya, akan diketahui jumlah kebutuhan riil dan spesifikasi kemampuan yang diperlukan untuk mengisi formasi jabatan. Proses seleksi penerimaan PNS itu akan dilakukan konsorsium dengan perguruan tinggi.

Seperti diketahui, PNS di Kotim tiap tahun terus berkurangnya dalam jumlah yang cukup signifikan. Penyusutan itu karena banyak PNS yang pensiun dan mutasi ke daerah lain. Tahun 2011, sebanyak 91 orang PNS pensiun, sementara tahun ini sebanyak 109 orang akan pensiun.

Data BKPP Kotim menyebutkan, jumlah PNS Kotim saat ini tercatat sebanyak 6.378 orang, sementara kekurangan PNS belum diketahui karena masih dilakukan pendataan. “Kotim ini masih perlu banyak lagi tenaga PNS, khususnya untuk guru dan tenaga kesehatan. Tapi, untuk kebutuhan riilnya belum diketahui karena masih dalam proses perhitungan,” kata Kepala Bidang Pengembangan PNS, Alang Arianto belum lama ini. Ref:rm-45/JPNN

Share
soal tes cpns 2014