Info CPNS Klungkung Bali : Anggaran Rekrutmen CPNS Hanya Dikurangi Rp 5 Juta

By gladwin | January 4, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Verifikasi APBD Klungkung tahun 2012 oleh Tim Pemprov Bali, rupanya normatif semata. Terbukti, provinsi tidak secara tegas mencantumkan standar kaharusan yang mesti diikuti Kabupaten Klungkung dalam saran dan verifikasinya. Akibatnya, Pemkab Klungkung pun sekadar mengikuti saran dan verifikasi itu. Terlihat dari pengurangan-pengurangan yang dilakukan, angkanya sangat kecil.

Sebut saja verifikasi anggaran untuk perekrutan CPNS yang dirancang Rp 471 juta. Hanya dikurangi Rp 5 juta.

Begitu juga perjalanan dinas yang yang dianggarkan mencapai Rp 5 miliar lebih untuk perjalanan dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat, KB, Perempuan dan Masyarakat Desa, perjalanan dinas sekretariat daerah dan sekretariat DPRD, pengurangan hanya sekitar Rp 50 juta. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi Panitia Anggaran Eksekutif dengan Badan Anggaran DPRD Klungkung terkait verifikasi provinsi terhadap APBD Klungkung tahun 2012 di gedung DPRD Klungkung, Selasa (3/1) kemarin.

Dari eksekutif, dikoordinir Asisten II Setda Klungkung IGNB Putra bersama Kepala Bappeda A.A. Ngurah Agung, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Gede Putu Winastra dan sejumlah pejabat terkait. Dikatakan Winastra, beberapa hal yang menjadi verifikasi di antaranya kebijakan umum anggaran, pendapatan daerah, belanja daerah, pembiayaan dan lainnya.

Kaitan dengan kebijakan anggaran, defisit APBD Klungkung 2012 dinilai terlalu besar 6,91 persen, melampaui ketentuan perundang-undangan yang maksimal 6 persen dari APBD.

Terkait perjalanan dinas, di Sekretariat DPRD dianggarkan Rp 4,8 miliar dipotong Rp 20,490 juta. Di Setda Rp 307 juta, dipotong Rp 13,7 juta dan di BPMD Rp 53 juta dipotong Rp 14,8 juta.

Di dalam anggaran perjalanan dinas itu (Setda) juga dipersiapkan Rp 75 juta untuk perjalanan dinas ke luar negeri. Sedangkan anggaran untuk perekrutan CPNS dari tenaga honda kategori dua dipasang Rp 471 juta, dipotong Rp 5 juta.

Selain itu, banyak hal lain yang juga dimintakan verifikasi di antaranya tunjangan perumahan untuk 22 anggota DPRD Klungkung masing-masing Rp 9 juta per bulan, biaya perawatan kebersihan di sejumlah unit kerja dan lainnya.

“Verifikasi itu kan normatif. Tidak ada standar pasti berapa harus kami kurangi. Lagi pula, kami kan sudah mengikuti saran itu dengan melakukan pengurangan-pengurangan. Berapa pun besarnya,” ungkap Gede Putu Winastra usai rapat. Selain itu, beberapa saran dan verifikasi itu juga diakui pasti ditindaklanjuti.

Sementara itu, anggota DPRD Klungkung Sang Nyoman Putrayasa meminta pelaksanaan APBD 2012 tidak seperti APBD tahun 2011. Di mana, banyak program pengadaan barang dan jasa, belanja modal yang tidak terlaksana yang notabene mengorbankan kepentingan masyarakat. Ref:kmb20/balipost

WhatsAppShare