Home » CPNS Daerah » Jawa Timur » Info CPNS Kab Ponorogo Tahun 2011

Info CPNS Kab Ponorogo Tahun 2011

Share
HOT INFO !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

Keinginan keras Pemkab Ponorogo untuk menyelenggarakan rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) di tengah keuangan Pemkab tahun 2011 sedang defisit dan kandas. Pasalnya, DPRD Kabupaten Ponorogo secara tegas menolak rencana Pemkab Ponorogo tentang usulan rekruitmen CPNS Tahun 2011 yang sudah diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kementerian PAN dan RB RI).

Alasannya, beban anggaran akan semakin berat dengan pengadaan CPNSD baru, apalagi kondisi saat ini APBD Ponorogo sedang mengalami defisit anggaran sebesar 40 miliar rupiah.

“Menurut kami, lebih baik pengadaan rekrutmen CPNS tahun 2011 ditiadakan dulu. Ini karena keuangan kita yang sedang terpuruk. Pemkab bisa mengoptimalkan tenaga yang ada dulu,” ujar Marjuki, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Rabu (25/5).

Marjuki menegaskan, jika Pemkab tetap ngotot menyelenggarakan rekruitmen, dipastikan program pembangunan Pemkab tidak berjalan. Ini lantaran, kekuatan keuangan yang sedang minus akan bertambah berat untuk beban gaji pegawai.

“Lalu kapan Pemkab memikirkan program untuk kesejahteraan masyarakat?” tambahnya.

Pihaknya juga menyoroti kondisi overload jumlah PNS yang ada di Pemkab Ponorogo. Menurutnya, keberadaan PNS dari hasil penerimaan sudah tidak jelas lagi tugas dan fungsinya. Dari pengamatannya, banyak PNS yang tidak tahu apa yang harus dikerjakan di kantor.

“Sehingga banyak kita jumpai, PNS yang tampak kebingungan dan mencari kegiatan lain di jam kantor,” tambah Marjuki.

Selain menghemat biaya penyelenggaraan, penolakan rekruitmen CPNS tahun ini akan menghindarkan Pemkab dari ancaman defisit anggaran yang lebih besar lagi.

Berkaca pada pengalaman beberapa tahun terakhir, salah satu penyebab defisit anggaran adalah tingginya alokasi dana untuk gaji pegawai yang mencapai 65 persen dari total APBD.

Ia menegaskan, alasan penolakan lebih dikarenakan pertimbangan kondisi anggaran perubahan keuangan 2011 yang saat ini mengalami defisit hingga Rp 40 miliar.

“Sementara, biaya penyelenggaraan CPNS Tahun 2011 diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 600 juta dan masuk APBD Perubahan 2011,” tukasnya.

“Saat ini yang diperlukan adalah efisiensi anggaran. Jangan sampai adanya rekrutmen CPNS malah membuat APBD semakin defisit sehingga membebani keuangan daerah. Ujungnya pelayanan pada masyarakat menjadi korban,” jelasnya.

Alasan lain, masih menurut Marjuki, penolakan ini juga lantaran formasi CPNS tahun 2010 lalu masih banyak menyisakan permasalahan yang hingga kini belum terjawab. Terutama soal rumor miring seputar adanya titipan dan praktik-praktik kecurangan yang mengiringinya. Selain itu, menurut Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Ponorogo ini, proses rekruitmen CPNS 2010 lalu tidak berdasarkan kompetensi sehingga tidak ada regenerasi kepemimpinan yang bisa diharapkan. Bahkan PNS yang lolos tidak berdasarkan deskripsi jabatan.

“PNS yang terpilih tidak profesional dan ber-SDM rendah karena terpilih berdasarkan uang,” sindirnya.

Seperti diketahui, berdasarkan data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI menyebutkan, daerah yang paling banyak mengajukan usulan kebutuhan pegawai adalah Jawa Tengah.  Totalnya (provinsi, kabupaten/kota) mencapai 67.278 orang. Kemudian disusul Jawa Barat 65.132, Jawa Timur 64.998 orang, Sulawesi Selatan 50.113, Lampung 29.807, Banten 29.201, Sumatera Utara 29.198, Nusa Tenggara Timur 25.267, Sumatera Selatan 25.139, dan Kalimantan Barat 24.362.

Sementara total usulan kebutuhan pegawai di 2011 secara nasional mencapai 665.518 orang. Sedangkan Badan Kepegawain Daerah (BKD) Ponorogo mengusulkan 764 formasi CPNS 2011 ini.  (*)-kabar indonesia

Share
Download Soal Tes CPNS 2014