Info CPNS Kab Melawi 2011

By gladwin | November 1, 2011
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi dipastikan tidak akan merekrut CPNS. Hal ini terkait dengan moratorium atau peraturan bersama, antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dengan Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri tentang penundaan sementara calon PNS.“Dalam pasal 2 disebutkan penundaan dilakukan kecuali untuk tenaga pendidikan, kesehatan dan jabatan khusus yang mendesak,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Melawi Syafarudin, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/10). Terkait dengan penundaan tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, hasilnya daerah diperintahkan untuk membuat analisis kebutuhan PNS di daerah.

Dari hasil koordinasi ke Kemenpan, Kepala BKD langsung melaporkan hasilnya kepada Bupati dan Sekda, dan tak lama kemudian bupati membuat surat tugas pembentukan tim penyusunan kebutuhan PNS dilingkungan Pemkab Melawi. “Berdasarkan peraturan Menpan, tim ini langsung diketuai oleh bupati dan atas saran dari Kemenpan pula, penyusunan kebutuhan PNS daerah dilakukan untuk 5 tahun kedepan,” ungkapnya.  Syafarudin melanjutkan, tim yang terbentuk juga melibatkan instansi terkait terutama Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan karena kedua dinas ini yang menjadi prioritas dalam penerimaan CPNS selanjutnya. “Tim inilah nantinya yang bekerja memenuhi kebutuhan CPNS Kabupaten Melawi untuk, lima tahun kedepan,” tutur Syarifudin yang mengungkapkan sampai saat ini tim sedang melakukan penyusunan.

Kemudian hasil ini nanti, lanjut dia, akan dilaporkan kepada bupati, lalu bupati akan menyampaikan laporan ini kepada Menpan dan ditembuskan ke pemerintah provinsi dan BKN. Ia menungkapkan berdasarkan informasi yang disampaikan Menpan, laporan kebutuhan CPNS  Pemkab Melawi 5 tahun kedepan ini harus selesai pada Bulan Desember.“Pihak Menpan mengatakan jika Desember sudah selesai dan cepat dihitung, maka diperkirakan penerimaan CPNS akan dilakukan lebih cepat antara April atau Mei tahun depan,” tukasnya. Berdasarkan data BKD, kata Syafarudin saat ini PNS di Kabupaten Melawi berjumlah 3833 orang yang tersebar di seluruh wilayah, dan memang Pemkab Melawi sampai saat ini masih kekurangan pegawai, hal ini bisa dilihat dari belanja pegawai yang masih dibawah 50 persen dari APBD.

Saat ini tim penyusunan CPNS sudah mulai bekerja dan saling berkoordinasi, dan mengenai jumlahnya kata Syafarudin diserahkan kepada instansi masing-masing. Terkait dengan tenaga honorer, lanjut dia saat ini data base terakhir yang sudah diserahkan ke Menpan pada tahun 2010 lalu. Untuk jumlah honorer kategori I berjumlah 63 orang sedangkan kategori II berjumlah 618 orang. “Sekarang ini kami hanya tinggal menunggu keputusan dari Menpan terhadap pengangkatan para tenaga honorer ini,” pungkasnya. Ref:wah/pontianakpost

WhatsAppShare