Info CPNS 2014 : Pelamar Hanya Boleh Tes di Satu Instansi Saja

By gladwin | June 17, 2014
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Tes CPNS 2014 – Seleksi penerimaan CPNS tahun 2014 terus dilakukan perbaikan. Salah satunya adalah peserta tes computer assisted test (CAT) bisa melamar dan mengikuti tes di beberapa instansi, kini tidak bisa lagi. Pelamar hanya bisa melamar dan mengikuti tes di satu instansi saja. Namun pelamar diberikan kesempatan untuk memilih tiga jabatan.

“Kalau tahun lalu kan satu pelamar bisa ikut tes di lebih dari satu instansi. Kemudian kalau lulus tes, pelamar juga diberikan hak memilih instansi yang disukai. Nah, sekarang sistimnya mulai diubah agar ada efisiensi,” kata Karo Hukum, Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman kepada wartawan  di sela-sela Simposium Inovasi Layanan Publik, di Jakarta, Senin (16/6).

Efisiensi yang dimaksudkan Herman adalah penghematan anggaran seleksi. Pasalnya, dalam pengadanaan CPNS, setiap peserta memakan anggaran jutaan rupiah. Jika satu pelamar bisa melamar dan mengikuti tes di beberapa instansi, bisa dihitung berapa in-efisiensi yang ditimbulkan. “Agar ada efisiensi, pelamar hanya bisa melamar di satu instansi. Namun, dia bisa memilih tiga jabatan di instansi tersebut,” ujarnya.

Untuk menjaga agar tidak terjadi double pelamar, Panselnas CPNS akan menyeleksinya lewat pendaftaran online. Sistim ini merupakan sistim satu pintu (dikendalikan Panselnas), sehingga setiap pelamar akan bisa dikontrol.

“Bagaimana bisa ikut tes di tempat lain, kalau namanya sudah masuk di instansi lain. Teknisnya sementara dibahas detil oleh Panselnas,” ujar mantan Kadis Diknas Kabupaten Sumedang ini.

Dalam tes CPNS 2014, setiap pelamar akan diuji tes kompetensi dasar (TKD) berupa tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan, dan tes katakteristik pribadi. Juga tes kompetensi bidang (TKB).

WhatsAppShare