Home » Info PNS » Gaji Baru PNS Solo Cair Bulan Mei 2013

Gaji Baru PNS Solo Cair Bulan Mei 2013

PrintShare/Bookmark
HOT INFO !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

Pencairan Gaji PNS 2013 – Gaji pegawai negeri sipil (PNS) di Solo yang mengalami kenaikan sebesar 7,5 persen bakal dicairkan Rabu (1/5/2013). Sedangkan, rapelan kenaikan gaji terhitung tiga bulan (Januari-Maret) bakal dicairkan satu pekan sesudahnya.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Perbendaharaan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) kota Solo, Suyamto, saat ditemui wartawan, di Balaikota, Selasa (30/4/2013).

“Kami telah menerima salinan PP no. 22/2012 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang peraturan gaji PNS. Salinan itu berkait dengan dasar aturan kenaikan gaji PNS yang dikirim melalui fax dari Kemenkeu. Akhirnya kenaikan gaji bisa dicairkan awal Mei,” jelas dia.

Sesuai dengan PP No 22/2012, gaji pokok PNS naik 7,5 persen. Besaran gaji 9.593 PNS di Solo selama ini mencapai Rp36,1 miliar per bulan. Dengan akumulasi kenaikan 7,5 persen, beban anggaran yang dialokasikan untuk gaji PNS menjadi Rp38,3 miliar per bulan. Dalam PP tersebut, tercantum bahwa gaji PNS mulai naik terhitung Januari 2013.

“Karena payung hukum yang mengatur di dalamnya disahkan April lalu, maka pencairannya ya bulan Mei. Kenaikan gaji PNS juga disesuaikan dengan kesiapan masing-masing daerah,” jelas dia.

Menurut dia, Pemkot Solo sejak awal telah memersiapkan adanya kenaikan gaji tersebut. Oleh karna itu, saat Pemkot menerima salinan PP tersebut, bulan berikutnya bisa langsung cair.

“Beban anggaran untuk rapel gaji PNS mencapai Rp2,16 miliar per bulan. Kalau 4 bulan berarti sekitar Rp8,5 miliar. Soal dananya sudah ada tinggal dicairkan,” ungkap Suyamto.

Kenaikan gaji pokok itu menurutnya berdampak pada kenaikan sejumlah komponen gaji lainnya. Seperti halnya sejumlah tunjangan lain, seperti tunjangan jabatan, fungsional dan lainnya. Sumber:Solopos

soal tes cpns 2014