Home » Berita CPNS » Formasi CPNS Penjaga Mercusuar Kurang Diminati

Formasi CPNS Penjaga Mercusuar Kurang Diminati

Share
BERITA PENTING !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

Formasi CPNS – Anda yang sudah berkali-kali ikut seleksi CPNS tapi belum juga lolos, mungkin perluang berikut perlu dipertimbangkan. Minat pelamar CPNS untuk menjadi penjaga mercusuar makin sedikit. Padahal, penjaga menara suar fungsinya sangat signifikan untuk membantu kapal sampai pada tempat tujuan.

“Saat ini jumlah menara suar di seluruh Indonesia ada 278 unit, yang masing-masing dijaga minimal tiga orang dengan sistem shift jaga,” kata Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut Tonny Budiono dalam keterangan persnya, Rabu (17/4).

Tonny mengaku, pihaknya dihadapkan pada kenyataan yang semestinya tidak perlu terjadi. Di satu sisi, mercusuar harus dijaga, tetapi di pihak lain SDM yang berminat menjadi penjaga suar makin sedikit.

“Penjaga menara suar saat ini jumlahnya terbatas. Mungkin mereka merasa pekerjaan tersebut kurang menarik, selain itu penghasilannya juga masih kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” ujarnya.

Penjaga menara suar PNS golongan dua. Yang direkrut menjadi penjaga menara suar adalah lulusan SMA. Seorang penjaga menara suar mendapatkan gaji pokok PNS, uang makan Rp 5.600 per hari dan tunjangan keselamatan pelayaran Rp35.000 per hari.

Untuk mengatasi keterbatasan SDM itu, Tonny mengatakan penjaga mercusuar diupayakan dari penduduk yang tinggalnya dekat dengan mercusuar. “Selain mereka lebih mengenal medan, juga diharapkan tanggung jawab mereka terhadap keselamatan pelayaran maupun dalam menjaga keamanan mercusuar lebih besar,” tambahnya.

Dia berharap, pemerintah dapat memberikan perhatian lebih kepada para penjaga mercusuar, sehingga profesi mereka merasa dihargai. (esy/jpnn)

Share
Download Soal Tes CPNS 2014
pengumuman penerimaan pegawai bpjs, rekrutmen, cpns tangsel, bpjs kesehatan, informasi lowongan BUMN Perum Jasa Tirta, pangumuman tpa bpjs kesehatan, lowongan kerja bpd kalsel, lowongan kerja bri agro, lowongan bpjs kesehatan, pengumuman lolos seleksi tes potensi akademik bpjs kesehatan 2014