Disnaker Sukoharjo Diserbu Pencari Kartu AK1 Terkait Penerimaan CPNS

By gladwin | August 28, 2013
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

CPNS 2013 – Kabar adanya penerimaan CPNS tahun ini langsung berimbas pada permintaan Kartu Kuning. Permintaan kartu AK 1 (Kartu Kuning) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Sukoharjo meningkat. Peningkatan permintaan kartu AK1 oleh para pencari kerja tersebut mencapai 3 kali lipat dari pada hari-hari biasa.

Kasubag Perencanaan Program Disnakertrans Sukoharjo Sulistiyanto mengatakan, peningkatan permintaan AK1 dari para pencari kerja ini mulai terlihat sejak usai lebaran. Peningkatan terus terjadi hingga saat ini, mengingat dalam waktu dekat sejumlah Kementerian Pemerintah Pusat akan membuka lowongan CPNS.

“Peningkatan permintaan AK1 dari pencari kerja ini terlihat sejak habis lebaran. Namun peningkatan semakin tinggi pada waktu-waktu ini, mengingat segera dibukanya lowongan CPNS dari Pemerintah Pusat,” ujar Sulis, Selasa (27/8).

Jika pada hari biasa, Disnakertrans melayani permintaan kartu AK1 sebanyak 25. Kini Disnaker harus mengeluarkan 70 hingga 100 kartu AK1. “Hari Sabtu 70 kartu, terus senin kemaren 85 kartu, hari ini saja belum tutup sudah 87 kartu,” terangnya.

Sulis menjelaskan, untuk menerbitkan kartu kuning, Disnaker menggunakan aplikasi komputer dan internet yang langsung terhubung dengan Pemerintah Pusat. Sehingga proses verifikasinya pun lebih ketat. Karena jika persyaratan tidak dilengkapi maka kartu kuning tidak dapat di-print out.

“Kita gunakan aplikasi komputer. Jika syarat tidak lengkap maka tidak bisa print out. Misalkan saja, mekanismenya para pencari kartu kuning mengambil blangko kemudian mengisinya dan melengkapi persyaratan yakni fotocopy KTP, ijazah SD hingga pendidikan terakhir dan transkip nilai. Jika salah satu form persyaratan tidak diisi kartu kuning tidak dapat di-print,” jelasnya.

Eko Prihastyo (22) salah satu pencari kerja, warga Manang, Baki mengaku mulai persiapan untuk mendaftar lowongan kerja CPNS Kementrian. Pihaknya mendapat informasi dari internet jika pendaftaran mulai dibuka 1 September.

“Oleh karena itu saya langsung mencari kartu kuning sebagai salah satu persyaratan mendaftar CPNS, Mas. Mungkin yang lainnya itu juga sama. Untuk daftar CPNS,” tuturnya.

WhatsAppShare