Daftar CPNS Tanpa Kartu Kuning, SKCK, dan Surat Keterangan Sehat Karena Merepotkan

By gladwin | June 9, 2014
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Persyaratan CPNS – Dalam seleksi penerimaan CPNS 2014 ini, pemasukan Institusi kepolisian, disosnakertrans dan RS/Puskemas tidak akan melonjak tajam seperti pada proses penerimaan CPNS tahun sebelumnya.

Pasalnya Seleksi penerimaan CPNS 2014 dipastikan tidak menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan dari ke-3 Institusi Pemerintahan tersebut sebelum calon benar benar diterima menjadi CPNS.

Kementerian Pendayagunaan Aparartur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengungkapkan alasan tiga persyaratan saat melamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) ditiadakan.

“Selama ini ketiga persyaratan tersebut selalu dinilai merepotkan calon pelamar CPNS. Selain harus mengurus berhari-hari, mereka juga harus mengeluarkan biaya. Padahal mereka belum tentu diterima,” jelas Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suryatman, seperti dikutip dari laman Setkab, Minggu (8/6/2014).

Herman menjamin, pemangkasan ketiga persyaratan administratif itu tidak akan mengurangi kualitas seleksi CPNS, karena seseorang hanya bisa melamar pada jabatan yang telah ditentukan kompetensinya. Dia mencontohkan, lowongan sebagai auditor, kompetensi yang dibutuhkan tentunya sarjana akuntansi. “Setiap instansi sudah menetapkan kompetensi yang dibutuhkan pada lowongan yang dibuka,” tegasnya.

Diakui Herman pemangkasan ini akan mengakibatkan membludaknya pelamar CPNS, tetapi dengan diterapkannya sistem computer assisted test (CAT) dalam ujian, Herman yakin pemerintah bisa menjaring putera-puteri terbaik bangsa untuk menjadi CPNS.

Herman mengingatkan, dengan sistem CAT, proses seleksi CPNS akan berlangsung secara transparan, dan obyektif. “Usai ujian mereka sudah tahu nilainya, apakah memenuhi passing grade atau tidak,” pungkasnya.

Anyway, yang pernah mendaftar CPNS pastinya tahu ribetnya mengurus ke-3 surat keterangan di atas. Kalau hari biasa mungkin bisa cepat, tapi jika mengurusnya bersamaan dengan calon pelamar yang lain, wah bisa antreee puanjaaaang…

WhatsAppShare