CPNS Pemkot Malang 2010 2.137 Pelamar Tidak Lolos Administrasi

By gladwin | December 10, 2010
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Sebanyak 2.137 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Pemkot Malang akhirnya harus gigit jari. Mereka tereliminasi dan tidak dapat mengikuti ujian rekrutmen CPNS pada Minggu (12/12) karena berkasnya tidak memenuhi syarat.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian daerah (BKD) Kota Malang, Drs Wahyu Santoso SH MSi, jumlah pendaftar ujian CPNS di lingkungan Pemkot Malang sesuai surat lamaran yang dikirim dari Kantor Pos sebanyak 11.273 pelamar. “Dari jumlah sebanyak itu yang ternyata memenuhi syarat sebanyak 9.136 pelamar,’’ jelas Wahyu Santoso kepada Surya, Rabu (8/12).

Diungkapkan Wahyu Santoso, jumlah pelamar sebanyak 11.273 orang itu terdiri untuk formasi guru 4.881 orang, tenaga kesehatan 2.058 pelamar, dan tenaga teknis sebanyak 4.334 orang.

Setelah dilakukan verifikasi terhadap berkas-berkas pelamar, kata Wahyu Santoso yang juga mantan Kadisnakersos Kota Malang ini, ternyata sebanyak 2.137 pelamar tidak memenuhi syarat dan otomatis tidak dapat mengikuti ujian CPNS.

Menurut Wahyu Santoso, ada beberapa indikator penyebab mereka tak lolos verifikasi antara lain karena ijazah tak sesuai formasi, foto copy ijazah dan foto copy KTP tak dilegalisir, serta usianya melebihi ketentuan.

Diungkapkan Wahyu Santoso, BKD tetap memberikan jawaban melalui surat ke alamat masing-masing pendaftar, baik mereka yang lolos maupun yang tidak. Termasuk pendaftar CPNS Kota Malang dari luar daerah. “Yang terjauh dari Batam,” jelas Wahyu.

Dipaparkan Wahyu, surat yang dikirim ke masing-masing pelamar itu merupakan pemberitahuan. Mereka yang tidak memenuhi persyaratan diberitahu jika tidak lolos verifikasi persyaratan. Sedang yang lolos diberitahu soal waktu dan tempat tes serta nomor tesnya.

Ujian CPNS Kota Malang akan digelar di dua tempat yaitu GOR Ken Arok bagi pelamar guru dan tenaga kesehatan, sedang di Universitas Negeri Malang (UM) untuk tenaga teknis. “Kami harap sebelum hari pelaksanaan ujian semua pelamar yang lolos sudah mendapatkan surat panggilan,” pungkas Wahyu Santoso.

Di Kota Batu pelamar dari 8.761 pelamar, yang tidak lolos verifikasi administrasi baru terhitung 984 pelamar. “Kami sangat hati-hati dalam pemeriksaan dan penilaian administrasi ini, sebab salah sedikit akan fatal akibatnya. Itu juga yang membuat kami hingga kini belum bisa menuntaskan perhitungan pelamar yang lolos administrasi,” beber Abu Sufyan, Kepala BKD Pemkot Batu.

Kapolsek Batu, AKP Gatot Soegeng Soesanto mengatakan telah mempersiapkan personel di setiap tempat ujian tes CPNS di beberapa gedung SD hingga SMA di Kota Batu. Tujuannya mengamankan jalannya ujian dan mengurangi terjadinya sabotase dan perjokian. sumber : nekn/rea-surya

WhatsAppShare