CPNS DKI 2014 Terbuka Untuk 1.133 Formasi

By gladwin | September 3, 2014
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

CPNS DKI Jakarta 2014 – Para peminat CPNS di DKI Jakarta bisa berpeluang lebih besar diterima. Pasalnya pengajuan penambahan formasi CPNS yang diajukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI mendapat respons positif dari pemerintah pusat. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) setuju menambah kuota CPNS DKI menjadi 1.133 lowongan.

Kepala BKD DKI I Made Karmayoga mengatakan, pihaknya senang dengan keputusan tersebut. Sebab, kuota sebelumnya yang hanya 133 CPNS dinilai terlalu sedikit.

Menurut dia, penambahan seribu formasi itu sangat penting untuk meningkatkan layanan pemprov terhadap warga Jakarta. Sebab, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki pemprov saat ini sangat terbatas. ’’Saya sangat beryukur pemerintah pusat akhirnya mengabulkan permintaan kami. Memang kami sangat membutuhkan,’’ ujar dia di balai kota Selasa (2/9).

Made menjelaskan, kebutuhan SDM di DKI sebenarnya sangat banyak. Bahkan, dia menilai tambahan seribu kuota itu masih jauh dari kebutuhan ideal PNS di Jakarta. Dia lantas menyebut kebutuhan guru sekolah dasar (SD) yang masih belum terpenuhi. Begitu pula beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kekurangan tenaga teknis. ’’Kalau SDM-nya bertambah, tentu layanan terhadap warga juga makin meningkat,’’ kata dia.

Dia lantas merinci formasi yang disiapkan untuk DKI Jakarta. Sebanyak 1.133 lowongan CPNS yang tersedia dibagi menjadi lima rumpun formasi. Yaitu, rumpun kesehatan (10), rumpun pendidikan (350), rumpun teknis (372), rumpun ekonomi (320), dan rumpun administrasi (81).

Dia mengatakan, penerimaan CPNS tahun ini dititikberatkan pada rumpun teknis dan pendidikan. Hal itu sesuai arahan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) dan Wagub Basuki T. Purnama (Ahok). Duet Jokowi-Ahok memiliki program untuk meminimalkan banjir, mewujudkan zero hole di jalan, serta meningkatkan kualitas tenaga pengajar. ’’Ini semua sesuai visi dan misi untuk mewujudkan Jakarta Baru,’’ jelas Made.

Meski demikian, dia belum menyebutkan kapan pendaftaran CPNS dibuka. Dia hanya menyatakan, pendaftaran akan segera diumumkan lewat situs www.panselnas.menpan.go.id. Dia juga belum menjelaskan secara detail persyaratan tes CPNS di DKI.

Yang terpenting, kata dia, pelamar memiliki KTP, ijazah, dan transkrip nilai. Pendaftar juga harus belajar tentang wawasan kebangsaan yang menjadi salah satu materi tes. ’’Masih banyak (persyaratan) yang belum boleh dibocorkan. Tapi, kurang lebih mirip tahun sebelumnya. Santai saja. Asal belajar wawasan kebangsaan dan tes IQ,’’ papar Made.

Pernyataan senada disampaikan Kepala Bidang Perencanaan dan Pendayagunaan Pegawai BKD DKI Slamet. Sebelumnya, dia menyatakan, pemprov kekurangan SDM. Apalagi, tahun ini Jakarta memiliki dua SKPD baru. Yakni, Badan Layanan Pusat Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Unit Layanan Pengadaan (ULP). Dua SKPD itu membutuhkan SDM banyak agar layanannya bisa optimal dan memuaskan. ’’Tentu akan kita atur sesuai dengan yang ditentukan pemerintah pusat,’’ pungkas dia.

Info Pendaftaran CPNS DKI nantinya akan dimuat secara detail pada laman : http://bkddki.jakarta.go.id

WhatsAppShare