CPNS 2013 Tetap Digelar

By gladwin | January 7, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

CPNS 2013 – Pemerintah memastikan akan tetap membuka seleksi CPNS di tahun 2013 ini. Rencananya, seleksi untuk calon abdi negara itu akan digelar pada semester kedua mendatang.

Walaupun kuota maupun mekanisme pelaksanaannya masih dibahas intern pemerintah, namun menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno, pengadaan pegawai baru disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa formasi yang diprioritas antara lain, tenaga medis, penyuluh, guru (bukan guru bahasa Indonesia), tenaga lapas, tenaga akuntan, dan lain-lain. Sedangkan tenaga administrasi tidak akan diberikan formasi karena jumlahnya sangat banyak di tiap-tiap instansi.

“Pemerintah tidak akan menerima banyak pegawai baru, apalagi masih banyak honorer kategori dua (K2) yang antri untuk diangkat tahun ini dan tahun depan,” kata Eko kepada JPNN, Senin (7/1).

Dia kembali menegaskan pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar bahwa pengadaan CPNS menuju pada zero growth (tidak ada pertumbuhan/penambahan). Artinya, jumlah pegawai baru yang diterima tidak sebanding dengan pensiunan.

“Jadi kalau jumlah pensiun 125 ribu, yang diterima maksimal 60 ribu. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah pegawai barunya dua sampai tiga kali lipat dari pensiunan,” terangnya.

Dengan sistem tersebut, diharapkan jumlah pegawai yang saat ini mencapai 4,7 juta tidak akan bertambah dan justru berkurang. Lantaran dengan jumlah 4,7 PNS beban negara untuk membayar gaji pegawai sudah mencapai triliunan rupiah.(esy/jpnn)

WhatsAppShare