CPNS 2011 Pengajuan Kuota CPNS Daerah Hampir Lengkap

By gladwin | May 12, 2011
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Instruksi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) kepada daerah, tentang pengajuan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2010 berjalan mulus. Saat ini, hampir seluruh daerah sudah menyetorkan permohonan kuota CPNS tersebut.

Misalnya di provinsi Jawa Timur, terhitung sampai Senin (9/5) lalu tinggal Kabupaten dan Kota Mojokerto, serta Kabupaten Nganjuk yang belum setor permohonan kuota CPNS 2011. Sampai data terbaru, permohonan kuota CPNS 2011 di Jawa Timur mencapai 64.998 kursi. Jumlah tersebut termasuk kuota ditingkat pemprov Jawa Timur sebesar 1.499 kursi.

Dari rekapitulasi sementara provinsi Jawa Timur, Kabupaten Jember menduduki posisi pertama dalam jumlah pengajuan kuota CPNS 2011. Kabupaten yang berpenduduk 2,4 juta jiwa itu mengajukan kuota CPNS 2011 sebesar 4.145 kursi. Sedangkan pengajuan kuota CPNS 2011 terendah tercatat di Kota Batu yaitu sejumlah 248 kursi.

Sedangkan di Kota Surabaya, Badan Kepegawaian Dareah (BKD) setempat mengusulkan kuota CPNS 2011 sebanyak 1.718. Jumlah tersebut turun dari pengajuan kuota CPNS tahun lalu yang mencapai 2.000 kursi.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kemen PAN dan RB Ramli Naibaho menjelaskan, jumlah usulan ini bukan jumlah akhir yang bakal ditetapkan oleh Men-PAN dan RB E.E. Mangindaan. Jumlah usulan tadi berpeluang menyusut. Pasalnya, Kemen PAN dan RB masih menunggu hasil pertimbangan dari Menteri Keuangan (Menkeu). “Tahun lalu juga ada penurunan (kuota CPNS, red) ketika sudah ditetapkan,” tandasnya.

Ramli menjelaskan, pertimbangan utama dari kajian Menkeu adalah ketersediaan Anggaran Pengeluaran dan Belanja Negara (APBN). “Yang pasti akan ada penyesuaian,” jelasnya. Keputusan akhir kuota CPNS 2011 juga harus disepakati dulu oleh DPR RI.

Dengan pertimbangan tersebut, negara tidak ingin APBN kedodoran hanya untuk pengeluaragan gaji pegawai. Saat ini, lebih dari separuh pengeluaran APBN habis untuk belanja gaji pegawai. Pemerintah berupaya menyeimbangkan proporsi APBN untuk gaji pegawai dengan pembangunan infrastruktur penunjang kesejahteraan masyarakat.

Terkait pengurungan pengajuan kuota di beberapa dearah, bisa disebabkan beberapa faktor. Diantaranya adalah tingkat pensiun PNS yang rendah. Selain itu, tambah Ramli, juga bisa disebabkan karena daerah mulai menjalankan efisiensi aparatur.

Efisiensi ini dijalankan pemerintah daerah karena menjadi salah satu syarat menjalankan program refromasi birokrasi. Program itu bisa memberikan keuntungan karena berujung pengucuran tunjangan remunerasi.

Ramli lantas mengingatkan bagi daerah-dearah yang belum setor usulan kuota CPNS 2011, supaya segera mengajukan usulan. Sebab, jika seluruh dareah kompak rencana menggelar seleksi CPNS 2011 pada September mendatang bisa dijalankan tepat waktu. (wan)-jpnn

WhatsAppShare