Calon Pelamar CPNS Diharapkan Melek Internet

By gladwin | August 1, 2014
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Pendaftaran CPNS 2014 – Sudah bukan rahasia lagi kalau sekarang sudah jaman IT dan internet. Seleksi penerimaan CPNS 2014 juga akan dilaksanakan lebih banyak menggunakan fasilitas internet dibanding metode lama.

Info terbaru, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memperkirakan paling cepat pendaftaraan tes CPNS 2014 dimulai pertengahan bulan Agustus ini. Mereka berharap pelamar melek IT/ informasi teknologi atau internet.

Seruan itu disampaikan Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman kemarin. Pasalnya seluruh alur pendaftaran menggunakan mekanisme online. “Baik untuk instansi pemerintah pusat atau daerah melamarnya di website khusus BKN (Badan Kepegawaian Negara, red),” katanya lebih lanjut.

Herman menuturkan, dari segi usia rata-rata para pelamar nanti tidak akan kesulitan dengan urusan IT jika mempersiapkan diri sejak dini. Panitia rekrutmen CPNS menetapkan usia pelamar CPNS di umur 18-35 tahun. Jadi menurutnya tidak terlalu tua.

Sebelum menuju instansi yang dilamar, calon peserta ujian harus memasukkan” lamaran ke website khusus BKN. Kemudian pelamar mendapatkan nomor dan kartu ujian. Nah kartu ini yang nanti dikirim ke instansi yang dituju, baru pelamar bisa mengikuti ujian. “Kalau tidak paham IT tentu kesulitan saat pendaftaran,” jelas dia. Untuk itu Kemen PAN-RB akan terus melakukan sosialisasi sebelum hari pendaftaran CPNS dibuka. Pendampingan secara khusus, untuk masyarakat di luar pulau Jawa.

Merujuk pada hasil roadshow simulasi ujian CPNS di delapan kota besar di Indonesia, Herman mengatakan kemampuan IT pelamar tidak terlalu mengkhawatirkan. Sebab pendaftaran simulasi tes CPNS itu sudah harus dilakukan secara online melalui salah satu website layanan lowongan kerja di Indonesia.

Herman menuturkan kuota CPNS tahun ini sebanyak 65 ribu kursi. Selain itu juga ada lowongan menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja sebanyak 35 ribu kursi. Meskipun baru-baru ini keluar surat izin prinsip penambahan formasi, tetapi kuota besarnya tetap 65 ribu kursi.

WhatsAppShare