BKD Menjamin Hasil Tes CPNS Bebas Dari Manipulasi

By gladwin | December 20, 2013
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Hasil Tes CPNS – KemenPAN-RB telah mengirimkan hasil tes calon pegawai negeri sipil ke daerah pada Kamis (19/12). Namun pengumuman ke publik baru akan dilaksanakan pada 24 Desember mendatang. Meski ada rentang waktu hampir sepekan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah menjamin hasil tes bebas dari manipulasi. Antara hasil yang dikirimkan KemenPAN dan yang diumumkan ke publik dipastikan sama.

“Data yang nanti diumumkan bisa dicocokkan dengan data yang ada di situs Kemenpan-RB dan BKN (Badan Kepegawaian Negara),” kata Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Jateng Juwandi, Rabu (18/12). Dia mengatakan, manipulasi data merupakan tindak pidana dan akan mendapatkan sanksi berat. Lagipula, sulit memanipulasi data karena seleksi CPNS kali ini menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Dengan sistem ini, peserta tes CPNS telah mengetahui skornya masing-masing sesaat setelah menyelesaikan ujiannya beberapa waktu lalu. Skor yang diperoleh usai ujian dapat dicocokkan dengan skor pada saat pengumuman. Meski demikian, BKD tetap membuka pos pengaduan jika ada peserta yang mengengarai ada yang tidak beres dengan hasil ujiannya. “Jika ada kepala daerah atau siapapun yang mencurangi hasil ujian, pasti ketahuan. Silahkan melapor pada kami,” katanya.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jateng Achmad Zaid mengatakan, pihaknya akan mengawal tahap penyerahan hasil seleksi tes CPNS 2013 hingga pengumuman. Menurutnya, pemerintah daerah tidak akan berani memanipulasi data CPNS. Sebab, seluruh dokumen telah terekam secara terpusat di Kemenpan-RB dan BKN. “Kalau berani memanipulasi data itu sama saja dengan bunuh diri,” tegasnya.

WhatsAppShare