Begini Tips Lulus Tes CPNS dari Humas Kemenpan RB

By gladwin | June 15, 2015
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Tips Lulus Tes CPNS – Pekerjaan sebagai PNS masih menjadi magnet bagi para pencari kerja di Indonesia. Terbukti dari keterangan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Hermawan Suryatman mengatakan, minat masyarakat mendaftar Pegawai Negeri Sipil (PNS) semakin meningkat setiap tahun. Ia mengungkapkan pada 2014 ada sekitar 2,6 juta pendaftar dan yang berhasil lolos seleksi hanya sekitar 60.000 orang.

“Pendaftar semakin meningkat karena profesi ini semakin dipercaya masyarakat. Lebih transparan, obyektif, adil dan tidak ada kecurangan,” demikian kata Hermawan kepada wartawan, Kamis (11/6).

Sejak 2008, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi menggunakan tes berbasis komputer. Bagi, mantan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga itu, hal ini sebagai upaya menghilangkan kecurangan seperti sogok dan nepotisme.

Menurutnya, tingkat kepercayaan pada profesi PNS terlihat dari keluarga pejabat dan politisi mendaftar lowongan CPNS. Seperti putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayung (23) mengikuti ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil di gedung Badan Koordinasi Wilayah Surakarta pada 23 Oktober 2014 lalu.

Apabila Anda berminat menjadi PNS, Herman tak segan-segan memberikan tips lolos menjadi pegawai negeri. Anda mesti mempersiapkan diri untuk bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu pendaftar dari seluruh Indonesia agar berhasil.

Pertama, mencari keterangan sebanyak-banyaknya terkait proses pendaftaran CPNS. Kini, pendaftaran dilakukan secara online sehingga Anda dapat mencari informasi ke setiap institusi pemerintah yang menyediakan situs resmi terkait pendaftaran.

Yang kedua, Anda perlu mempersiapkan diri, dengan mengetahui seluruh prasyarat yang dibutuhkan melamar CPNS secara teliti. Di antara foto kopi ijazah pendidikan terakhir, transkip nilai, foto kopi KTP dan lainnya.

“Teliti dalam administrasi, dalam menyiapkan berkas dan mendaftar online. Anda mempersiapkan harus seksama dan jangan main-main. Banyak orang yang salah entri online sehingga harus gagal sebelum tes,” katanya lebih lanjut.

Ketiga, belajar tekun. Anda mesti tekun berlatih mengerjakan soal CPNS yang biasanya mengandung tiga komponen penting yang mesti benar-benar dikuasai. Seperti tes kepribadian, intelegensi dan wawasan kebangsaan. Selain itu, mendalami pengetahuan umum. Untuk bahan latihan mengerjakan soal CAT CPNS, Anda bisa mempelajari soal soal CPNS tahun lalu atau prediksinya. Anda bisa mempelajarinya di laman : http://ujian.latihansoal.com

“Ada simulasi soal verbal yang disediakan di web kita, berisi wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi dan intelegensi umum. Kita menyediakan soal yang berstandar perguruan tinggi dan dibuat oleh Kemenristek Dikti,” kata Herman.

Jangan lupa berdoa. Untuk menunjang usaha Anda menjadi PNS, alangkah lebih baik dipersiapkan jauh-jauh hari, saat ujian bersikap santai dan tenang. Ketika semuanya telah dipersiapkan, jangan lupa untuk berdoa memohon keberhasilan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan orang tua demi kelancaran dalam mengerjakan soal tes CPNS.

WhatsAppShare