Banyak BKD Mendukung Seleksi CPNS Dikendalikan Pusat

By gladwin | September 18, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Seleksi CPNS – Sejumlah kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mendukung upaya pemerintah pusat untuk menangani seleksi CPNS tahun depan. Alasannya, dengan dipegang pusat, tanggung jawab daerah bisa berkurang. Di samping mengurangi aksi main curang atau intervensi dari kepala daerah.

“Kami sangat setuju kalau pengadaan CPNS mulai dari penyusunan soal sampai pemeriksaan lembar jawaban kerja dipegang pusat. Karena kami yakin akan lebih valid dan terukur. Selain itu skop nasional juga bisa tercakup semuanya,” ungkap Kepala BKD Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Ruslayetti, di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB).

Dia menegaskan, pada dasarnya kabupaten/kota di Sumbar sangat setuju dengan sistem perekrutan CPNS yang telah diujicoba tahun ini. Meski, dia menilai masih ada celah terjadinya ke bocoran yaitu di percetakan.

“Percetakan ini harus benar-benar yang kredibel. Karena meski pusat sudah berupaya untuk mengurangi penyimpangan, tapi percetakan tidak bisa menjaga kerahasiaan sama juga nihil,” tegasnya.

Ditanya apakah mempengaruhi kewenangan otda, Ruslayetti mengatakan tidak ada. “Otda itu harus diartikan luas. Selama ini kan setiap ditangani daerah banyak masalahnya. Jadi ketika pusat turun tangan dan hasilnya bisa mengurangi kecurangan, kenapa tidak kita teruskan saja. Lagipula dengan cara ini, kerja pemda lebih berkurang,” tandas perempuan berjilbab ini. Ref:esy/jpnn

WhatsAppShare