Asyiiik …..Usia Pensiun PNS Menjadi 58 Tahun

By gladwin | December 19, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Usia Pensiun PNS – Menjadi PNS memang layak diperebutkan ribuan orang. Setelah dimanjakan dengan renumerasi, tunjangan dan sebagainya, kini kabar gembira datang untuk usia pensiun.

Pemerintah dan DPR RI sudah bersepakat menambah batas usia pensiun (BUP) PNS menjadi 58 tahun. Bonus dua tahun itu berlaku menyeluruh untuk PNS golongan I sampai IV.

“Dalam Panja RUU ASN tadi malam, seluruh fraksi sudah menyetujui BUP PNS bertambah dua tahun. Kalau sebelumnya 56, kini 58 tahun,” ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar di kantornya, Selasa (17/12).

Penambahan usia pensiun 58 tahun itu, lanjut Azwar, tetap memperhitungkan kompetensi masing-masing pegawai. Hal ini untuk menjaga kekuatan anggaran negara dalam pembiayaan belanja pegawai.

“Konsekuensi penambahan BUP sudah diperhitungkan oleh Menteri Keuangan. Karena itu meski BUP bertambah namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi setiap pegawai,” tegasnya.

Sementara WamenPAN-RB Eko Prasojo mengatakan, bonus dua tahun bagi seluruh PNS merupakan langkah pemerintah untuk memperpanjang pembayaran pensiun. Sebab, bila tetap di angka 56 tahun, pembayaran pensiun akan semakin membengkak.

“Pemerintah akan punya jeda untuk membayar pensiun PNS. Khusus pejabat eselon I dan II, BUP-nya menjadi 60 tahun,” terangnya.

WhatsAppShare